Sabtu, 04 April 2009

FuCk tHe CapitALisM..


Tahukah kita apa itu Kapitalisme dan siapa itu kaum kapitalis??
Berikut defenisi kapitalis dan kapitalisme dari Kamus Ilmiah Populer "Edisi Millenium" oleh Burhani MS-Hasby Lawrens :

-> kapitalis adalah kaum bermodal ; pemilik saham ; penyandang modal; negara penganut kapitalisme
-> kapitalisme adalah sistem perekonomian yang berdasarkan hak milik partikelir yang menekankan kebebasan dalam lapangan produksi, kebebasan untuk membelanjakan pendapatan, bermonopoli, dan sebagainya sedang alat-alat produksi dikuasasi oleh kaum kapital.

So..that's it
Kapitalisme sesungguhnya adalah sistem ekonomi yang belakangan karena daya hegemoni berkat ekspansi kapitalis yang mengglobal, menjadikannya sebagai salah satu ideologi yang kini menguasai dunia.

Seluruh sendi kehidupan kita saat ini adalah bagian dari "setting" an kapitalis..mulai dari harga lalapan yang Rp.4500, kenaikan SPP, Badan Hukum Pendidikan, hingga program-program acara yang ditayangkan televisi maupun berbagai kemudahan di virtual world adalah wujud konkret dari hegemoni kapitalisme.

Sebuah tulisan menarik tentang kapitalisme pada harian Kompas, Rabu, 18 Maret 2009 dengan judul Menimbang Ulang Kapitalisme, menyebutkan :
"...dalam the schumacher lecture (6 Oktober 2008, sebuah kuliah publik tahunan di Inggris untuk menghormati ekonom EF.Schumacher (penulis Small is Beautiful, Susan George (penulis The Lugano Report) melukiskan kapitalisme sekarang dengan ungkapan begini : "kapitalisme dewasa ini tidak lagi waras menurut arti kewarasan yang dipahami orang-orang waras"

Maksudnya apa yah???
Apa yang tidak waras pada kapitalisme dewasa ini??
Amartya Sen, melukiskannya sebagai jenis kapitalisme 'yang menyiapkan malapetaka' karena 'tidak adanya regulasi atas berbagai malpraktik keuangan yang niscaya berakibat pada spekulasi ganas dan kebuasan pengejaran laba.

Atau dengan meminjam ungkapan Adam Smith, "kapitalisme dewasa ini ada di tangan para pemboros dan penjudi yang membuat modal jatuh ke tangan orang-orang yang paling berperan menghancurkannya".

Kalau itu belum cukup, Jack Welch, si pencipta gerakan 'aktivisme pemegang saham' menyebut dengan kasar apa yang dikejar kapitalisme dewasa ini sebagai 'kedunguan paling besar".

Jadi apa yang dapat kita simpulkan dari itu semua??
"kapitalisme adalah sistem yang bobrok, merusak, dan menjajah"

Mengapa??
Lihat saja orang-orang yang notabene dulunya menuhankan kapitalisme kini berbalik menghujat..Adam Smith dkk..akhirnya mereka tersadarkan dari mimpi buruk mereka..
Semoga itu benar adanya..

0 komentar:

Posting Komentar

Give Me Comment Please!!
i need your comment to be better..